0 3 min 1 mth

embroideryisfree.com – Duplikat bendera Pusaka dan text proklamasi sudah datang di Lapangan terbang Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Kirab bendera Merah Putih dan text proklamasi diteruskan ke arah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Disaksikan dari YouTube Sekretariat Presiden, pesawat Boeing TNI AU yang bawa bendera Pusaka dan text proklamasi datang di Balikpapan, Sabtu (10/8/2024) sekitaran jam 12.55 WITA. Ketibaan pesawat disongsong team paskibra dengan sikap prima, pemuda-pemudi dengan baju tradisi dan bentang karpet merah.

Bendera Merah Putih dibawa sama Purna Paskibraka 2023, Kachina Ozora dari Propinsi Kalimantan tengah. Dalam pada itu, text proklamasi dibawa sama Keyla Azzahra Purnama dari Propinsi Sumatra Selatan.

Dengan cermat ke-2 nya menuruni tangga pesawat dan berjalan pada atas karpet merah yang sudah ada. Mereka selanjutnya memakai kendaraan taktis (rantis) untuk ke arah Istana Negara di IKN.

Nanti bendera akan diberikan ke Purna Paskibraka 2023 Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Propinsi Banten. Dan text proklamasi diberikan ke Lilly Wenda dari Propinsi Papua Pegunungan.

Acara ini adalah pertama kalinya dalam sejarah. Karena untuk pertamanya kali bendera Merah Putih dan text proklamasi dibawa keluar DKI Jakarta dan disangkab ke IKN.

Acara kirab ini bukan hanya jadi lambang penghormatan pada sejarah dan perjuangan bangsa, tapi juga memvisualisasikan kemauan untuk selalu jaga persatuan dan kesatuan bangsa. Disamping itu, seperti dikatakan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, kirab ini adalah lambang kebersama-samaan dan kolaborasi di antara DKI Jakarta dan Ibu Kota Nusantara.

“Bendera Merah Putih dan text proklamasi akan datang di IKN di hari yang masih sama yaitu 10 Agustus 2024. Nanti, bendera itu akan diberikan oleh Presiden Joko Widodo ke Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 kedepan,” kata Deputi Sektor Prosedur, Jurnalis, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, dalam penjelasannya.

Diketahui, kirab merah putih dan text proklamasi adalah serangkaian peringatan Hari Kembali Tahun (HUT) ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia. Kirab bendera Merah Putih dan text proklamasi akan dikirim secara langsung dari Monas ke IKN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *