0 3 min 6 dys

embroideryisfree.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) memperjelas jika vaksin penyakit cacar monyet alias Mpox telah kantongi ijin beredar hingga siap dipakai di Indonesia pada kondisi genting kesehatan.

Juru Berbicara Kemenkes RI, dr. Mohammad Syahril menjelaskan jika vaksin Mpox yang hendak dialokasikan dan dipakai oleh warga Indonesia telah kantongi ijin dari Tubuh Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dengan detail, tipe vaksin yang sudah kantongi ijin oleh BPOM dan WHO dan yang hendak dipakai di Indonesia ialah Modified Vaccinia Ankara-Bavarian Nordic (MVA-BN), yaitu vaksin turunan cacar (smallpox) angkatan ke-3 yang memiliki sifat non-replicating. Sebagai informasi, penerapan vaksinasi Mpox dengan MVA-BN sudah dilaksanakan semenjak 2023 lantas alias sesudah diketemukan kasus verifikasi Mpox di Indonesia.

“Vaksin Mpox telah terima Emergensi Use Listing (EUL) dari WHO dan Emergensi Use Authorization (EUA) dari BPOM. Maknanya, vaksin ini bisa dipakai pada keadaan genting,” jelas Syahril dalam info sah yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (12/9/2024),

dr. Syahril menjelaskan, Komisi Nasional Peristiwa Ikut-ikutan Saat Imunisasi (Komnas KIPI) akan ikut terturut bersama BPOM dalam penyuntikan vaksin untuk mengawasi keamanan dan pastikan faedah penyuntikan vaksin Mpox sebagai usaha penangkalan penyebaran virus Mpox (MPXV).

“BPOM dengan Komnas KIPI yang mandiri terus mengawasi pemakaian vaksin ini untuk pastikan keamanan dan faedahnya,” tegas dr. Syahril.

Mengenali Vaksin Mpox Tipe MVA-BN yang Dipakai di Indonesia
Menurut document WHO bertema Weekly Pandemiological Record: Smallpox and Mpox (Orthopoxviruses) Vaccine Position Paper, ada tiga vaksin yang bisa dipakai untuk penangkalan Mpox, yaitu MVA-BN, LC16m8, dan ACAM2000. Tipe vaksin yang hendak dipakai di Indonesia ialah tipe pertama alias MVA-BN.

Pada 2013 lantas, pemakaian MVA-BN dibolehkan di Kanada dan Uni Eropa untuk penangkalan cacar yang disasarkan ke barisan orang berumur 18 tahun ke atas. Selanjutnya pada 2019, MVA-BN disepakati untuk penangkalan cacar dan Mpox ke orang dewasa di Amerika Serikat (AS).

Masih pada 2019, Kanada meluaskan MVA-BN untuk penangkalan Mpox. Lantas, 3 tahun selanjutnya alias 22 Juli 2022, Uni Eropa menyepakati MVA-BN untuk penangkalan Mpox ke orang dewasa. Tetapi, MVA-BN tidak dilisensikan untuk orang di bawah umur 18 tahun.

Menurut jurnal Vaccines against mpox: MVA-BN and LC16m8 yang dipublikasi di bulan ini, kemungkinan MVA-BN untuk turunkan penyakit Mpox dapat sejumlah 62 sampai 85 %. Untuk orang yang telah terkena Mpox, MVA-BN sanggup kurangi dampak negatif penyakit sejumlah 20 %.

Berdasar hasil tes medis, MVA-BN dan LC16m8 secara stabil meningkatkan tanggapan anti-bodi penetral pada orthopoxvirus, termasuk Clade I MPXV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *