0 3 min 3 mths

embroideryisfree.com – Temperatur udara di daerah Bandung lebih dingin akhir-akhir ini. BMKG menyebutkan bila temperatur dingin di Bandung karena imbas musim kemarau.
Kepala BMKG Stasiun Bandung Tegar Rahayu menjelaskan untuk di Bandung Raya ada banyak dampak lokal yang kurang memberikan dukungan kekuatan perkembangan awan konvektif yaitu kelembapan udara pada susunan 850 mb dan 700 mb daerah Bandung Ray yakni 50-88 %.

“Aalisis streamline memperlihatkan daerah Bandung Raya arah dikuasai angin timuran atau monsun Australia yang bawa massa udara dingin dan kering, hingga temperatur pada pagi hari dingin dan pada siang hari panas dan di sore-malam hari tetap mempunyai potensi hujan,” kata Ayu panggilan akrab Tegar Rahayu ke detikJabar, Minggu (14/7/2024).

Menurut Ayu, angin umumnya bertiup dari Tenggara dengan kecepatan 5-20 km/jam. “Temperatur minimal di Bandung Raya antara 16 -20 °C dan temperatur maksimal di Bandung Raya antara 29-30°C,” katanya.

Ia menerangkan, temperatur udara dingin saat malam hari, pagi hari, pagi hari pada beberapa ini hari adalah peristiwa alami yang biasa terjadi saat saat pucuk musim kemarau pada Juli-Agustus.

Dari catatan BMKG, mulai Juli 2024 temperatur minimal Bandung salah satunya l, 11 Juli 2024 : 20.8 °C, 12 Juli 2024 : 19.6 °C, 13 Juli 2024 : 18.0°C dan 14 Juli 2024 : 16.6°C.

“Berdasar data itu kelihatan jika temperatur udara minimal alami peralihan krusial di hari ini yakni 16.6°C.Nilai temperatur minimal umumnya normal di Bulan Juli 18.2°C,” terang Ayu.

Temperatur dingin menurut dia, condong berkesempatan terjadi pada musim kemarau saat malam hari, pagi hari dan pagi hari. Ketika musim kemarau di siang hari, terik cahaya matahari optimal karena tidak ada tutupan awan, mengakibatkan permukaan bumi terima radiasi yang optimal, pada malam hari karena tidak ada awan karena itu saat malam hari dan pagi hari radiasi yang diletakkan akan optimal dilepaskan.

“Keadaan ini mengakibatkan permukaan bumi mendingin secara cepat dan berpengaruh dalam udara dingin pada malam hari, pagi hari dan pagi hari. Pemicu lain ialah karena angin monsun Australia yang bawa udara dingin dan kering. Peristiwa temperatur dingin ini secara empiris akan berjalan sampai Agustus 2024,” jelasnya.

Untuk prediksi cuaca ini hari, keadaan cuaca daerah Bandung Raya umumnya Ceria sampai ceria berawan.

Temperatur sekitar di antara 17 – 29.0°C. Kelembapan sekitar di antara 50 % – 90%. Angin umumnya Tenggara dengan prediksi kecepatan di antara 5 – 19 km/jam

“Masih tetap siaga pada berlangsungnya kekuatan imbas cuaca pada awal kemarau seperti ketidaksamaan temperatur di malam-pagi yang dingin ke siang hari yang panas. Untuk yang melakukan aktivitas di luar ruang jika terjadi cuaca panas yang panas diharap untuk berlindung di tempat yang aman,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *